Rabu, 27 Maret 2013

Simbol Java

Di sela-sela Deadline tugas PBO yang cuma ada waktu tinggal esok aja cukup membuat bingung dan retak tulang tengkorak. hehehehe Kronologisnya kira-kira gitu.., Yah meskipun belum selesai semua yang penting tugasnya dikerjakan sendiri + di kirim ke email dosen yang bersangkutan,,. Nah malah curhat jadinya. Lupakan soal tugas sejenak meskipun ngeblog kayak sekarang juga merupakan tugas.., Pernah terfikir saat sedang ngerjakan tugas tentang gambar dari software pemrograman Java.., kenapa ya gambarnya harus secangkir kopi panas,? apa karena java bikin kepala ku retak ?? heheheee mungkin juga sih.., atau kenapa ngga gambar hewan atau gambar kaligrafi dan semacamnya.., setelah bertanya ke Prof. Dr. H. Google S.T., M.T. ini dia jawabannya..,!

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang kenapa JAVA menggunakan simbol secangkir kopi panas, bukan menggunakan simbol pulau JAVA. JAVA adalah sebutan bahasa inggris untuk nama sebuah pulau di indonesia yaitu pulau Jawa. Namun demikian, JAVA juga merupakan nama salah satu varian dari kopi panas yang disajikan di suatu kafe di Amerika. Namun disini JAVA adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang berorientasi objek diciptakan oleh satu tim dari perusahaan Sun MicroSystem, Perusahaan workstation UNIX (Spare) yang cukup terkenal. Ternyata asal usul dari terbentuknya bahasa pemrograman JAVA, dimulai pada tahun 1991 ketika Sun Microsystem melakukan sebuah penelitian terhadap berbagai produk elektronika. James Gosling dan Patrick Naughton ditugaskan untuk merancang perangkat lunak aplikasi. James Gosling kemudian memakai bahasa C++ untuk menulis beberapa aplikasi untuk peralatan mikro, namun ternyata james gosling mengalami banyak kesulitan. Kemudian timbul ide dari James Gosling untuk menciptakan sebuah bahasa baru, yang ditulis berdasarkan C++ namun dengan beberapa perbaikan. Bahasa ini kemudian disebut Oak( nama sebuah pohon yang terlihat dari jendela ruangan James Gosling).

Kemudian pada tahun 1994, ketika web mulai populer, nama bahasa Oak kemudian diganti dengan menjadi JAVA. James Gosling bingung mencari nama untuk bahasa baru tersebut karena seriap nama yang dipikirkannya untuk nama bahasa pemrogramannya ternyata sudah ada yang memakai, sampai ketika James Gosling mampir ke sebuah cafe untuk minum kopi, dan ia meminta “JAVA”. Dari situ lah timbul ide untuk memakai nama JAVA. JAVA kemudian dipakai untuk membuat sebuah browser yang bernama WebRunner. Setelah berhasil maka browser ini kemudian dinamakan HotJava dengan simbol secangkir kopi panas.

Simbol bahasa pemrograman JAVA :


Simbol atau gambar pulau Jawa :


REFERENSI :
http://www.google.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar