Minggu, 31 Maret 2013

Langkah Awal Memulai Membuat Program Sederhana Dengan NetBeans

Kita langsung mulai dengan pembukaan program di NetBeans..,

langsung aja kita akan belajar menulis kode program sederhana dan menjalankannya, yang akan anda pelajari adalah :
  • membuat proyek baru
  • membuat package
  • membuat file dot java (namafile.java) baru
  • menulis kode program
  • menjalankan project
  • menjalankan file dot java (namafile.java) tertentu
  1. membuat proyek baru cukup sederhana tinggal pilih menu File → new project untuk yang lebih lengkap lihat postingan sebelumnya. Saya asumsikan nama project barunya adalah “pemula”. Kira – kira file project yang akan anda miliki adalah seperti ini
  2. Membuat package baru pada bagian source Packages, klik kanan lalu pilih Java Package

  1. lalu beri nama package anda, package adalah folder tempat anda menyimpan dan mengatur file – file kode program anda. Anda juga bisa kok gak perlu bikin package baru, nanti kode program anda akan berada di package default, namun jika anda membuat project yang membutuhkan banyak file kode program anda harus membuat package agar mudah mengaturnya. ^_^saya asumsikan anda membuat package dengan nama “pertama”
  2. membuat file java,  file kode program java berekstensi dot java (namafile.java). Nama file anda akan menjadi nama public class dari program anda (nama file dan nama public class harus sama). Dalam sebuah file java boleh ada :
  • public class namun namanya harus sama dengan nama file dot java dan hanya ada 1 (satu) public class dalam sebuah file.
  • Beberapa class, nama class selain public class boleh beda dengan nama file
  • boleh juga hanya 1 public class atau hanya satu class.
  • Untuk membuat file baru (class baru) pada netbean pilih menu File → new file → java → java class. Lalu sesuaikan nama project dan packagenya lalu FINISH . Atau …ikuti gambar berikut, pada bagian projects window , klik kanan icon package ->new  -> java class..

akan muncul window untuk mengisi kelengkapan kelas, seperti nama isilah dengan SayHai (untuk nama kelas gunakan huruf kapital terlebih dahulu lalu huruf kecil dan kapital lagi jika ada kata baru dst.. sesuai kesepakatan programmer – programmer) meskipun anda boleh boleh saja mengisikan dengan nama apa saja asalkan tidak di spasi. lalu cek form  nama project, nama package -> Finish.
  1. Menulis Kode Programuntuk dapat memahami struktur pemrograman java, anda perlu memahami konsep OOP (Object Oriented Programming) atau pemrograman berorientasi object. Namun untuk saya hanya ingin memberikan gambaran bagaimana memulai membuat, menulis, dan menjalankan program.Karena menggunakan netbean maka akan langsung dibuatkan template untuk menulis program seperti
1
2
3
4
package pertama;
public class SayHay{
 
}
program kita belum bisa dijalankan karena belum ada isinya mari kita isi.
Pertama, kita pahami struktur kodenya
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
package pertama ; // adalah tmpt deklarasi file ini berada di package/folder apa
 
//lalu deklarasi kelas
public class SayHay{
//tempat deklarasi atribut/variabel yang akan digunakan
static String halo ="haaaaaai";
static String nama="alka";
//selanjutnya deklarasi method (fungsi / behaviour dari kelas) disini kita baru dan hanya menggunakan method main yang menjadi syarat jika file kode program ingin di RUN.
public static void main(){
//lalu isi kode untuk membuat program berjalan seperti ingin kita, sekarang kita ingin dia
//bisa berkata haaaaai maka tulis
System.out.println("haaaaai");
//atau jika kita ingin menggunakan variable halo maka tulis
System.out.println(halo);
//jika ingin menambah kata(String) bisa tambahkan tanda +
System.out.println(halo+" nama saya "+nama);
}
lalu program bisa anda run
  1. menjalankan project / file syarat sebuah file bisa di RUN atau dijalankan adalah terdapat method main. Jika ingin menjalankan main project tekan F6, jika ingin menjalankan file java tekan Shift + F6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar