Selasa, 26 Maret 2013

Memulai Belajar Java

Ini adalah postingan yang sesuai dengan kondisi mahasiswa seperti saya yang sudah frustasi belajar java karena di hajar dengan tugas terus menerus setiap pertemuan mata kuliah PBO di hari senin dan selasa.., maklum sudah belajar setengah jalan tapi dapat kebuntuan.., Nah bagi yang mau memulai untuk belajar java inilah artikelnya..,

Java, my world, my passion..
Java is in the golden age, every programmer hears about “write once, run everywhere”. The promises are platform independent, open standard, pure object oriented, high performance, rapid development, managed environment, safe, etc, etc..
Pertanyaan ini sangat sering saya temui, baik di mailing list, di forum programmer, atau dari teman-teman. Biasanya orang bertanya hal ini karena sering mendengar tentang Java, teman-teman pakai Java, kemudian ingin tahu apa itu Java, tapi bingung apa yang harus dipelajari pertama kali. Umumnya, orang yang ingin  belajar Java akan bingung harus mulai dari mana. Ini cukup dapat dimaklumi, karena Java sedikit berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain.
Sebagai contoh, kalau mau belajar Visual Basic, pasti install Visual Basic dulu, kemudian baca help atau cari tutorial. Mau belajar PHP, tinggal download PHP, install, baru coba-coba. Mau belajar Dot Net, install dulu Visual Studionya. Almost all are quiet straightforward, tidak banyak pilihan, yang akan membuat kita sedikit kebingungan, seperti yang biasa ditemui orang saat akan belajar Java. Di Java, kita akan selalu berhadapan dengan pilihan-pilihan. Untuk yang sudah berpengalaman, hal ini sangat bagus, karena kita bebas memilih arsitektur, platform, tools yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tapi buat yang baru akan belajar, ini memang bisa menjadi mimpi buruk, dan akhirnya membatalkan niat untuk belajar Java, bahkan sebelum dia mulai belajar. Saya harap, Anda tidak termasuk golongan yang terakhir ini, hehe..
Ok, kita mulai dengan “Java” nya. Java adalah general purpose programming language, artinya bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi dengan tujuan umum seperti aplikasi desktop, web, mobile, sampai ke aplikasi skala enterprise. Jadi dengan bahasa yang sama, yaitu bahasa Java, kita bisa membuat berbagai jenis aplikasi dengan menggunakan peralatan dan library yang tepat untuk tujuan kita tersebut. Java adalah bahasa dengan konsep Object Oriented Programming (OOP) murni, bukan OOP setengah-setengah seperti yang ada di beberapa bahasa lain yang ingin menyelipkan konsep OOP di pemrograman yang dasarnya adalah prosedural.
Aplikasi yang dibuat menggunakan Java dapat dijalankan di berbagai hardware dan dan sistem operasi tanpa harus melakukan compile ulang dari source code. Hal ini dimungkinkan karena adanya Java Virtual Machine (JVM) menerjemahkan byte code hasil kompilasi source code Java ke kode mesin yang spesifik untuk tiap platform hardware dan sistm operasi. Oleh karena itu, kita membutuhkan JVM yang ada di dalam JRE untuk menjalankan aplikasi berbasis Java.
Secara umum, ada 3 edisi Java:
1. Java Standard Edition (Java SE)
Berisi library dasar, class-class yang paling sering dibutuhkan seperti tipe data (string, integer, dll), input-output atau I/O, kumpulan utilities, dan library untuk membuat graphical user interface (GUI).
Ada 2 distribusi untu Java SE.
Java SDK (Java Software Development Kit) berisi library dasar plus tools yang kita butuhkan untuk men-develop aplikasi (compiler, debugger, dll).
JRE (Java Runtime Environment) berisi library dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.
Jadi JRE adalah subset (bagian dari) Java SDK, dengan menginstall Java SDK, kita sekaligus mendapatkan JRE. Untuk belajar membangun aplikasi Java, kita membutuhkan Java SDK. Keduanya bisa didownload dari website Sun Microsystem disini untuk Java SDK dan JRE.
2. Java Enterprise Edition (Java EE)
Yang perlu diingat, Java EE adalah spesifikasi, bukan berupa barang berwujud nyata. Ada banyak vendor software atau komunitas opensource membuat software berupa application server yang mengikuti standard Java EE sehingga disebut Java EE compliant application server. Application server ini memungkinkan kita untuk membuat aplikasi berskala enterprise (biasanya menggunakan web interface, tapi tidak selalu) dengan lebih mudah karena application server sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk aplikasi kita. Contoh application server adalah Glassfish, Oracle AS, JBoss, IBM Websphere, dll. Apache Tomcat adalah salah satu webserver/webcontainer untuk aplikasi web Java yang cukup terkenal, tapi bukan termasuk Java EE application server karena tidak menyediakan semua service yang ada di spesifikasi Java EE.
Full Java EE compliant application server menyediakan berbagai service seperti web container, messaging, web service, mail, directory service, database connectivity, distributed transaction, remoting, persistence, dan lain lain.
3. Java Mobile Edition (Java ME)
Edisi Java yang ini menyediakan library dan peralatan yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi yang akan dijalankan di mobile devices, seperti handphone dan PDA. Anda tentunya sudah sering mendengar handphone yang punya fasilitas J2ME atau Java ME. Itu berarti kita bisa menjalankan aplikasi yang dibangun dengan Java ME di dalam handphone tersebut. Aplikasi yang bisa dibuat beragam, mulai dari game, organizer hingga aplikasi mobile banking. Saya pribadi kurang mendalami tentang Java ME, jadi mohon maaf bila penjelasannya terlalu umum.
Setelah mengetahui ketiga edisi Java tersebut, saya harapkan kita sudah mendapat sedikit pencerahan mengenai apa itu Java dan apa saja yang bisa kita lakukan bersama Java.
Selanjutnya, yang pertama kali harus dipelajari dari Java bahasa pemrogramannya itu sendiri, bagaimana mengcompile dan menjalankan aplikasi Java. Ini berkaitan dengan sintaksis penulisan source code, konsep OOP, dan penggunaan tools yang tersedia di Java SDK. Untuk mempelajari itu semua, kita membutuhkan yang namanya Java SDK. Silahkan download, kemudian install di komputer Anda. Jika Anda pengguna setia windows, instalasi Java SDK sangat mudah, tinggal ikuti wizard dan tekan next, next, ….., finish. Lokasi instalasi Java SDK ini biasanya disebut dengan JAVA_HOME, misalnya di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0, tergantung dari versi Java nya. Untuk memudahkan proses kompilasi dan eksekusi, lakukan setup environment variable seperti berikut (untuk windows):
  • Klik kanan di My Computer, pilih properties. Pilih tab Advanced, klik tombol Environment Variables.
  • Di bagian System variables, klik New. Buat environment variable baru dengan nama JAVA_HOME dengan value lokasi instalasi Java SDK Anda (misal: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0).
  • Edit variable PATH, kemudian tambahkan lokasi direktori bin dari dari instalasi Java. Misal instalasi Java nya ada di: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0, maka tambahkan ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin di belakang value yang sudah ada.
Kita akan mulai dengan membuat sesuatu yang sangat terkenal, aplikasi Halo Dunia, atau orang biasa menyebutnya Hello World application.
1. Buka notepad, ketik kode berikut. Ketik, bukan copy dan paste, please…
1
2
3
4
5
public class HaloDunia {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Halo Dunia, pake Java nih !");
    }
}
Save dengan nama file HaloDunia.java.
Note: Kalo di notepad, waktu save biasanya harus pakai kutip ganda di nama filenya. Jadi begini “HaloDunia.java”. Kalau tidak, notepad akan otomatis menambah ektensi “.txt” di file yang kita buat.
2. Compile source code. Buka command prompt, pindah ke direktori tempat Anda menyimpan file HaloDunia.java. Kemudian ketik:
javac HaloDunia.java [ENTER]
Java compiler (javac) akan mengkompile file source code java dan hasilnya adalah file HaloDunia.class.
3. Eksekusi aplikasi. Di command prompt tadi, ketik:
java HaloDunia [ENTER]
Jika Anda melihat tulisan seperti gambar berikut,
Output HaloDunia
Output HaloDunia
Congratulation, welcome to Java.. !
Selanjutnya, silahkan mendalami Java sesuka yang Anda mau. Ada sangat banyak resource yang tersedia di internet untuk membantu kita belajar Java. Rekomendasi saya, Java Tutorial dari website SunMicrosystem (http://java.sun.com/docs/books/tutorial/information/download.html), lengkap, sangat membantu.
Selamat belajar, keep the spirit !

Selamat Memulai ya Soooobbb..,!!!
Salam Persaudaraan..,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar